Bupati Mojokerto Jenguk Bayi Terlantar di RSUD Mojosari


Mojokerto
–Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menjenguk seorang bayi terlantar yang dibuang oleh orang tuanya. Bayi tersebut ditemukan warga di Dusun Sukopuro Desa Purworejo, Kecamatan Pungging dan kini dirawat di RSUD Mojosari-Mojokerto.


Diketahui bayi tersebut diperkirakan baru berusia 3 hari itu diletakkan di teras depan rumah salah satu warga. Bayi tersebut ditemukan di dalam kardus oleh Pak RT setempat. Bayi laki-laki yang diberi nama Ashraf Hamzah Zaki Putra itu ditemukan mengenakan baju dan diberi selimut dan sarung tangan. Kondisi bayi tampak dalam keadaan sehat. Saat bayi ditemukan sudah dibekali perlengkapan bayi yang dibungkus tas. Di antaranya, satu kotak susu bubuk, popok, minyak telon, botol susu dan bedak bayi.


Kemudian Kepala Dusun Sukopuro tersebut melaporkan penemuan bayi itu ke Polsek Pungging. Saat ini, sang bayi telah telah mendapatkan perawatan di RSUD Prof. Dr Soekandar Mojosari untuk dirawat secara intensif.


Menindaklanjuti laporan bayi yang ditelantarkan orang tuanya, Bupati Mojokerto menjenguk bayi tersebut di RSUD Prof. Dr Soekandar Mojosari, Minggu (24/3/2024) sore. Bersama dengan Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto, Staf RSUD Prof Dr Soekandar dan Polsek Pungging.


Saat ini bayi tersebut dalam perawatan intensif di ruang NICU (Neonatologi Intensive Care Unit) dalam kondisi baik. Saat menjenguk bayi laki-laki tersebut Bupati Mojokerto sempat menggendong dan memberikan susu formula kepada bayi tersebut.


Alasan bayi tersebut dibuang adalah orang tuanya merasa kesulitan ekonomi sehingga tidak sanggup lagi untuk merawatnya hingga besar. Dengan meninggalkan secarik kertas yang berisi tulisan:


“Maaf karena belum bisa rawat anak ini dikarenakan kami tidak punya biaya untuknya. Berat sekali saya melepasnya. Maafin mama ya sayang, mama tidak punya apa-apa untuk kamu bertahan hidup. Mama sedang diposisi sangat sulit untuk bertahan makan pun mama masih tidak mampu untuk 3 kali sehari, mama sayang sekali dengan Ashraf,” tulis pesan apa kertas yang ditinggalkan.


Polsek Pungging bersama Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Mojokerto terus memburu orang tua bayi mungil yang terbungkus kardus di depan rumah warga di Desa Purworejo Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto.


“Kami masih lakukan upaya penyelidikan dengan mengumpulkan beberapa keterangan dari warga sekitarnya, sekaligus mengamankan barang buktinya. Kami masih dalami penemuan bayi ini,” kata Kapolsek {Pungging.


Namun, pihaknya tak banyak memberikan komentarnya, dirinya kini hanya fokus pada penanganan kesehatan bayi laki laki tersebut. Dan sekarang sudah mendapat perawatan dari tim kesehatan RSUD Prof. Dr. Soekandar Mojosari.(*)

0 Komentar