Ketua DPRD Harap Pemkab Perhatikan Sektor Pertanian


Magetan
-Untuk meningkatkan ketahanan pangan, pemkab Magetan harus memperhatikan para petani dengan sungguh sungguh serta memberikan kemudahan akses dan dukungan infrastruktur pertanian yang memadai.


Hal ini disampaikan oleh Ketua DPRD Magetan Sujatno pada acara Musrenbang dalam rangka penyusunan RPJMD Kabupaten Magetan tahun 2025 - 2045 dan RKPD tahun 2025 di Pendodopo Surya Graha Kamis (14/3/2024).


"Pemkab harus meletakan basis pembangunan pada bidang pertanian,"Ujar Sujatno. Dengan kuatnya pembangunan sektor pertanian membuat perekonomian akan jauh lebih kokoh daripada bertumpu pada sektor non pertanian.


Dijelaskan Sujatno dalam tahun 2025 masih fokus untuk pengembangan sektor pariwisata, pengentasan sunting dan pendidikan.Namun yang tak kalah penting adalah sektor pertanian.Yang nanti goalnya adalah munculnya petani milineal di Magetan.


Pemkab kita dorong bagiamana memperhatikan petani dan sektor pertanian, jika ada kendala kendala kita carikan solusi jalan keluarnya. Pemberdayaan dan perlindungan petani harus kita optimalkan.Sehingga akan memunculkan petani petani baru dan petani milineal.Tugas kita bersama mendorong dan menambah perhatian pada petani, sehingga akan meningkatkan produksi produksinya.


Jika selama ini kendala petani, pupuk sulit didapat, Ketua DPRD mendorong Pemkab agar mengupayakan ketersedian pupuk bagi petani.Pemkab bisa menyiapkan anggaran untuk subsidi pupuk, sehingga petani tidak lagi kesulitan pupuk,dan dapat meningkatkan hasil produksinya. (*)

0 Komentar