Pastikan Terima 100% Pj. Wali Kota Ali Kuncoro Cek Penyaluran Bansos


Mojokerto
– Pastikan Terima 100% Penjabat (Pj.) Wali Kota Mojokerto M. Ali Kuncoro meninjau langsung penyaluran bansos (bantuan sosial) yang diterima warga kota Mojokerto di di Pendopo Sabha Kridatama, Rumah Rakyat, Jl. Hayam Wuruk. Pengecekan langsung ini guna memastikan bantuan yang diterima warga tidak ada potongan sepersenpun.

Mas Pj. Panggilan akrabnya Ali Kuncoro menjelaskan, meninjau pelaksanaan dan mekanismen penyaluran bansos yang diterima warga kota Mojokerto dari berbagai kategori ini, karena mengecek sekaligus memastikan besaran uang yang diterima benar-benar menerima sesuai nominalnya yang tertera di data penerima bansos.


“Kita berikan full tanpa ada potongan, saya harapkan bantuan ini bisa mengurangi beban, meningkatkan pendapatan meskipun ini sesaat, kita masifkan dengan program-program yang lain, karena di tahun 2024 ini total anggaran yang kita programkan untuk pengentasan kemiskinan sebanyak 135 miliar tersebar di masing-masing OPD,” kata Pj. Wali Kota Mojokerto, Ali Kuncoro, saat mengecek penerimaan penyaluran bansos, Rabu (20/3/2024) sore.


Ali Kuncoro menyampaikan bansos ini diambilkan dari APBD Kota Mojokerto tahun 2024 untuk disalurkan pada warga terdiri dari 362 tukang becak, 1.039 lansia kurang mampu, 285 anak yatim/piatu non panti, serta 275 orang penyandang disabilitas. Sedangkan teknis penyaluran kepada penerima. Dilakukan oelh jajaran kantor Dinas Sosial Kota Mojokerto.


Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kota Mojokerto, Choirul Anwar, menambahkan untuk menghindari terjadinya desakan warga penerima bantuan di lokasi, mekanisme penyaluran bantuan seluruhnya dilakukan di Pendopo Sabha Kridatama Rumah Rakyat selama selama sepekan (5 hari) mulai Selasa (19/3) – Sabtu (23/3) secara bergiliran.


Untuk penerima bansos hari pertama berlangsung pada Selasa (19/3/2024) dan Rabu (20/3/2024) khusus bagi 1.039 warga lansia kurang mampu. Sedangkan penerimaan pada Kamis (21/3/2024) ditempat yang sama untuk 362 tukang becak dan 285 anak yatim/piatu non panti. Sedangkan untuk penyaluran bansos bagi 275 orang penyandang disabilitas disalurkan secara door to door (home visit) pada hari Jum’at (22/3/2024) dan Sabtu (23/3/2024).


Masih penjelasan Kepala Dinsos Kota Mojokerto, Pemerintah Kota Mojokerto kembali menyalurkan bantuan sosial (Bansos) kepada masyarakat. Bantuan tersebut diberikan kepada tukang becak, lansia kurang mampu, disabilitas, dan anak yatim/piatu non panti.


Ditambahkan nominal bantuan yang diberikan berupa uang tunai dengan besaran bervariasi disesuaikan jenis dan kelompok kategorinya. Untuk tukang becak sebesar Rp. 350.000, untuk lansia Rp. 500.000 dan untuk disabilitas Rp. 350.000. Sedangkan untuk anak yatim/piatu non panti sebesar Rp. 1.000.000


Seluruh penerima bantuan sosial ini lanjut Anwar, merupakan warga Kota Mojokerto yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial. Sedangkan rincian bantuan untuk tukang becak tersebar di tiga kecamatan, dengan rincian 95 orang dari Kecamatan Kranggan, 163 orang dari Kecamatan Magersari, dan 104 orang dari Kecamatan Prajuritkulon.


Sementara untuk penyandang disabilitas, 129 orang dari Kecamatan Magersari, 73 orang dari Kecamatan Prajurit Kulon, dan 73 orang dari Kecamatan Kranggan. Sedangkan bantuan untuk lansia kurang mampu diberikan kepada 408 orang dari Kecamatan Magersari, 269 orang dari Kecamatan Prajurit Kulon, dan 362 orang dari Kecamatan Kranggan.


Adapun bantuan kepada anak yatim/piatu non panti diberikan kepada 115 anak dari Kecamatan Magersari, 97 anak dari Kecamatan Prajurit Kulon, dan 73 anak dari Kecamatan Kranggan.


"Semoga dengan bantuan ini dapat bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari sekaligus untuk kebutuhan menjelang lebaran Idul Fitri,” Pungkas Kadis Sosial Kota Mojokerto.(*)

0 Komentar