Angkutan Lebaran Naik 15%, Orang Dalam Pelindo Regional 3 Bilang Begini


ragamjatim.id
- PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo Regional 3 mulai melakukan sejumlah persiapan guna mengantisipasi lonjakan pemudik. Sedikitnya 20 terminal penumpang dan kapak roll off roll on (roro) di wilayah kerja telah disiapkan untuk melayani arus mudik lebaran yang di prediksi baik 15 persen dari tahun sebelumnya.


Sejumlah antisipasi telah dilakukan meliputi penyiapan terminal penumpang di masing- masing pelabuhan. Dia ntaranya penyiapan fasilitas keamanan dan kenyamanan hingga kesehatan bagi pemudik, baik yang tiba maupun berangkat.


Sejumlah fasilitas yang disiapkan meliputi ruang tunggu calon penumpang, Posko Mudik Lebaran, ruang laktasi, penambahan counter check-in, hingga penambahan petugas jaga dan CCTV, guna memastikan keamanan bagi calon pemudik.


Senior Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 3, Karlindasari menyampaikan pihaknya menyiapkan 20 terminal penumpang untuk menyambut arus mudik lebaran 2024. Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan pemangku kepentingan agar arus mudik berjalan lancar.


Sejumlah pelabuhan utama seperti Tanjung Perak, Kumai, Batulicin, Sampit, Tenau Kupang hingga Tanjung Emas di Semarang diprediksi mengalami lonjakan penumpang yang signifikan dibanding hari biasanya. Diprediksi angka penumpang mudik tahun ini mencapai 713.449, atau naik 15 persen dari tahun lalu yang tercatat 620.291.


“Tak hanya persiapan dan koordinasi dengan internal perusahaan, kami juga berkoordinasi dengan stakeholder seperti otoritas pelabuhan dan perusahaan pelayaran, untuk memastikan seluruh layanan pemudik benar-benar baik,” jelas Karlinda.


Karlinda juga menambahkan, potensi peningkatan jumlah pemudik via jalur laut berpotensi terjadi pada arus mudik lebaran tahun ini. Peningkatan ini disebabkan pemberian tambahan liburan dan cuti bersama yang diberikan pemerintah. Pihaknya juga mengimbau kepada seluruh general manager yang mengelola terminal untuk melakukan persiapan lebih dini.


“Kami telah memastikan seluruh terminal penumpang di wilayah kerja kami. Semua seperti ruang tunggu, ruang menyusui, musala hingga, ruang kesehatan dipastikan sudah siap melayani arus mudik lebaran tahun ini,” ungkap Executive Director 3 Pelindo, Ali Sodikin.


Selain menyiapkan terminal penumpang, Pelindo juga mendukung mudik gratis Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan. Di mana kedua lembaga negara itu menyiapkan 75 bus dan kapal gratis selama mudik ke berbagai tujuan.

0 Komentar