Apakah tomat dan mentimun tidak cocok dipadukan?


ragamjatim.id
- Sebagai pecinta sayur, saya selalu diingatkan untuk berhati-hati dalam mengonsumsi mentimun bersama sayuran lain karena enzim yang ada di dalam mentimun akan merusak vitamin C pada sayuran lainnya.


Tapi apakah ini benar? Mari kita hancurkan mitos ini untuk selamanya.


Pertama-tama, penting untuk dipahami bahwa mentimun memang mengandung enzim yang disebut katalase, yang dapat memecah vitamin C.


Namun, proses ini biasanya terjadi ketika mentimun dipotong atau diiris dan enzim tersebut bersentuhan dengan vitamin C dalam daging mentimun. Ketika mentimun dikonsumsi utuh, enzim tersebut kemungkinan besar tidak akan bersentuhan dengan vitamin C dengan cara yang sama, dan kandungan vitamin C pada mentimun tidak terpengaruh secara signifikan.


Namun bagaimana jika Anda makan mentimun dan sayuran lainnya secara bersamaan?


Nah, enzim yang ada pada mentimun sepertinya tidak akan mampu memecah vitamin C pada sayuran lain secara signifikan jika dimakan bersamaan. Proses mengunyah dan mencerna makanan melibatkan kerja berbagai enzim, termasuk enzim yang diproduksi oleh tubuh serta enzim yang ada dalam makanan itu sendiri. Namun, enzim ini biasanya tidak terdapat dalam konsentrasi yang cukup tinggi atau tidak aktif pada tingkat pH yang ditemukan di mulut dan perut untuk memecah vitamin C secara signifikan.


Jadi, silakan nikmati mentimun Anda dengan sayuran favorit Anda yang lain!


Kandungan vitamin C pada sayuran Anda seharusnya tidak terlalu dipengaruhi oleh enzim yang ada di dalam mentimun. Jangan biarkan mitos ini menghalangi Anda untuk mengonsumsi berbagai macam sayuran dalam makanan Anda.


Selamat makan!

0 Komentar