Demokrat dan Golkar Kota Kediri Dukung Vinanda Prameswati Maju Pilkada 2024

Demokrat dan Golkar Kota Kediri Dukung Vinanda Prameswati Maju Pilkada 2024

KEDIRI
(ragamjatim.id) – Suhu politik menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Kediri kian hari semakin menghangat. Hal ini setelah kader Partai Golongan Karya (Golkar), Vinanda Prameswati, menerima dukungan yang signifikan dari Partai Demokrat dalam upaya menjadikannya sebagai calon Wali Kota pada Pilkada 2024.


Sinyal bakal adanya koalisi 'Gemuk' pada Pilkada 2024 ini, atas dasar perolehan anggota terpilih kursi dewan DPRD Kota Kediri pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, Partai Demokrat mendapat 2 kursi dewan, sedangkan Partai Golkar meraih 5 kursi dewan yang ditetapkan oleh KPU Kota Kediri.


Sehingga perolehan kursi dari kedua partai politik tersebut yakni sejumlah 7 kursi dapat terbilang cukup untuk mendaftarkan diri ke KPU Kota Kediri.


Tak tanggung-tanggung dukungan Partai Demokrat kepada Vinanda Prameswati untuk maju sebagai Wali Kota Kediri juga diperkuat atas dasar surat dari Dewan Pengurus Daerah (DPW) Partai Demokrat Jawa Timur (Jatim). Bahkan dikabarkan juga telah mendapat restu dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Demokrat di Jakarta.


" Bahwa nama Mbak Vinanda Prameswati telah dikantongi oleh DPP Demokrat. Bahkan, kalau rekomendasi dari DPP akan segera diturunkan," kata Ketua Partai Demokrat Kota Kediri, Ashari, Jumat (10/5/2024).


Ia mengatakan bahwa dalam pembukaan pendaftaran bakal calon Wali Kota Kediri, Partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kota Kediri terdapat tiga pendaftar, namun hanya satu orang untuk diusulkan kepada pengurus Wilayah dan Pusat Partai Demokrat.


Hasil salinan usulan tersebut, oleh Partai Demokrat diberikan secara langsung kepada Vinanda Prameswati disaksikan oleh Pengurus Partai Golkar dalam acara deklarasi, sebagai bentuk keseriusan partai berlogo bintang mercy mengusung dara yang juga berprofesi sebagai Notaris ini, sebagai Wali Kota Kediri pada Pilkada November 2024 mendatang.


" Kami usulkan hanya satu nama yakni Vinanda Prameswati menjadi calon Wali dari Partai Demokrat Kota Kediri kepada DPW dan DPP, " tegas Ashari.


Sementara itu, Ketua DPD Golkar Kota Kediri Sudjono Teguh Wijaya, menyampaikan neskipun Partai Golkar dan Partai Demokrat telah mantap dengan pilihan mereka. Namun, dari kedua belah partai politik (parpol) masih terbuka untuk membuka koalisi dengan parpol lain yang ingin bergabung guna memberikan dukungan kepada Vinanda Prameswati.


" Jika dari parpol lain untuk bergabung, Insya Allah kita persilahkan. Mengingat saat ini baik kita (Partai Golkar dan Partai Demokrat-red) sudah cukup untuk mendaftarkan diri ke KPU Kota Kediri," ucap Sudjono.


Sujono, dan Ashari mempasrahkan sepenuhnya keputusan mengenai siapa yang bakal kepada Vinanda Prameswati untuk menjadi Wakil Wali Kota Kediri pada Pilkada mendatang.


" Saya dan pak Ashari berkomitmen untuk sosok Wakil Wali Kota diserahkan kepada mbak Vinanda Prameswati," ungkapnya.


Meskipun belum ada pengumuman resmi mengenai calon Wakil Wali Kota, yang bakal menjadi pendamping, ditengah dinamika politik Kota Kediri yang kian menghangat. Vinanda Prameswati berkomitmen bakal mendiskusikan kebutuhan pasangan tersebut dengan sejumlah parpol pengusungnya dalam Pilkada 2024 mendatang.


" Untuk posisi Wakil Wali Kota akan kita diskusikan bersama," pungkas Vinanda.

0 Komentar