Ragam Minuman Khas Nusantara yang Kaya Khasiat

wedang uwuh

ragamjatim.id
- Tidak cuma hidangan khas yang lezat, Indonesia mempunyai beragam minuman khas yang menyegarkan buat dicicipi. Apalagi sebagian minuman khas ini mempunyai manfaat guna kesehatan tubuh. Perihal ini disebabkan minuman khas nusantara diracik dari bahan natural, salah satunya rempah- rempah.

Semenjak berabad- abad silam, Indonesia telah diketahui selaku penghasil rempah yang melimpah. Normal jika bermacam- macam minuman khas nusantara mempunyai rasa yang nikmat, sekalian berguna buat kesehatan badan. Menariknya lagi, sebagian minuman khas nusantara sudah dipasarkan sampai pasar global. Jelas perihal ini jadi kesempatan untuk subsektor kuliner ekonomi kreatif.

Untuk Sobat Parekraf belum sempat mencicipi kesegaran minuman khas nusantara, berikut 10 minuman khas yang pantas dicicipi:

1. Wedang uwuh

Minuman yang berasal dari Yogyakarta ini mempunyai rasa manis, hangat, diiringi aroma rempah yang sangat menyejukkan. Dalam bahasa Jawa“ uwuh” berarti sampah, yang dimaksud selaku minuman berisi dedaunan serta rempah mirip semacam sampah. Minuman khas nusantara ini memiliki antioksidan besar. Sehingga bisa menyegarkan tubuh, menanggulangi masuk angin, serta melancarkan aliran darah.

Menariknya lagi, wedang uwuh masuk dalam Peninggalan Budaya Tidak Barang oleh Kemendikbud, dan jadi salah satu produk ekraf yang masuk pasar mancanegara. Mulai dari Kanada, Jeddah, Vietnam, sampai Nigeria.

2. Kawa Daun

Minuman khas nusantara yang berasal dari Padang, Sumatera Barat. Dalam bahasa Minang, kawa merupakan tumbuhan kopi. Jadi, kawa daun merupakan minuman khas yang dibuat dari daun kopi kering, setelah itu ditambahkan kayu manis, serta gula. Sekilas, minuman ini mirip teh, tetapi aroma serta rasa kopi lumayan terasa. Kenyataan menariknya, kawa daun bisa kurangi kolesterol darah sampai merendahkan resiko diabet. Perihal ini sebab antioksidan yang besar di dalamnya.

3. Teh Talua

Tidak hanya kawa daun, Sumatera Barat pula memiliki minuman khas yang lain, yani teh talua. Unik, teh ini dibuat dari kombinasi telur ayam ataupun itik, gula, serta perasan jeruk nipis. Kombinasi tersebut menciptakan 5 gradasi warna unik yang diucap limo lenggek. Minuman ini kerap disantap malam hari buat berikan kehangatan serta mengembalikan energi badan. Sebab memiliki vit A, D, E, K, serta protein lumayan tinggi.

4. Teh Gaharu

Masih berbentuk olahan teh, minuman khas nusantara yang harus Sobat Parekraf cicipi selanjutnya merupakan teh gaharu. Minuman ini berasal dari Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Mempunyai rasa yang agak getir tetapi senantiasa menyegarkan, teh gaharu bisa menenangkan badan dengan baik. Sebab teh ini memiliki antibakteri yang berguna buat detoksifikasi. Hebatnya lagi, teh gaharu sudah dipasarkan ke negeri Asia sampai Timur Tengah!

wedang sarabba


5. Sarabba

Minuman khas nusantara selanjutnya merupakan Sarabba. Minuman yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan ini diketahui selaku minuman penghangat serta penambah energi. Sebab minuman ini dibuat dari racikan jahe, gula, santan, serta kuning telur. Sarabba memiliki cita rasa pedas rempah, serta sesuai sekali diminum dikala malam hari ataupun dikala cuaca hujan. Di Makassar, Sarabba sesuai diminum sembari makan pisang goreng.

6. Ie Seureubet

Minuman khas nusantara yang lumayan unik serta menarik buat dicicipi satu ini berasal dari Aceh, ie seureubet. Minuman ini unik sebab dibuat dari lada, kayu manis, jahe, pandan, cengkeh, kayu manis, sampai gula merah. Bukan semata- mata minuman biasa, ie seureubet memiliki antioksidan yang besar, sehingga bisa tingkatkan sistem imunitas badan serta memulihkan tenaga sehabis beraktifitas.

7. Bir pletok

Minuman khas asal Jakarta ini identik dengan aroma rempah yang kokoh serta rupanya merah menyala. Walaupun namanya bir, minuman ini sama sekali tidak memiliki alkohol. Minuman ini dibuat dari kombinasi rempah: kayu manis, jahe, serai, adas, cengkeh, cabe, sampai kapulaga. Mempunyai rasa pedas rempah, harum, serta menghangatkan, bir pletok memiliki antioksidan yang besar, serta dipercaya bisa tingkatkan imunitas serta menanggulangi flu ringan.

8. Bajigur

Minuman khas nusantara selanjutnya berasal dari Jawa Barat, ialah bajigur. Minuman yang identik dengan kehangatan ini dibuat dari gula aren, santan, jahe, serta bermacam rempah- rempahan. Supaya kian nikmat, bajigur sering diberikan topping berbentuk kolang- kaling ataupun potongan roti di dalamnya. Di balik kehangatannya, bajigur menaruh manfaat dalam melindungi sistem pencernaan, dan mengatur tekanan darah serta kandungan gula darah.

9. Teh Sari Sarang Semut

Minuman yang tidak kalah unik serta menarik dicicipi merupakan teh sari sarang semut khas Sorong Selatan, Papua Barat Energi. Mempunyai nama yang lumayan unik, minuman ini dibuat dari tanaman umbi yang digunakan semut selaku sarang. Minuman ini mempunyai rasa yang lebih pekat dari teh pada biasanya. Teh sari sarang semut mempunyai isi polifenol serta flavonoid yang besar. Minuman ini efektif buat melancarkan haid, menanggulangi sakit kepala sebelah, sampai darah besar.

10. Brem Bali

Terakhir merupakan minuman tradisional dari Bali, yang sering jadi sesajen upacara- upacara adat warga Hindu Bali. Brem bali ialah minuman dengan kandungan alkohol menggapai 9- 25%. Minuman tradisional ini dibuat dari proses fermentasi ketan gelap, yang dapat memakan waktu 1- 6 bulan buat memperoleh brem bali yang sempurna. Saat ini, brem bali jadi salah satu oleh- oleh khas Pulau Dewata yang diburu turis. 

0 Komentar