Rumah Sakit Gatoel Mojokerto Terbakar, Tidak menelan korban jiwa

Rumah Sakit Gatoel Mojokerto Terbakar

Mojokerto
– Rumah Sakit Gatoel Mojokerto Terbakar, Rumah Sakit Gatoel yang beralamat di Jalan Raden Wijaya No.56, Kranggan, Prajurit Kulon, Mergelo, Kranggan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto terbakar. Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut, namun dugaan sementara percikan api yang membakar ruangan gedung lantai 2 diakibatkan dari adanya korsleting listrik berawal dari ruang administrasi.

Pantauan dilokasi hingga saat ini petugas pemadam kebakaran masih menuntaskan pemadaman api yang masih bermunculan disejumlah sudut ruangan dan sisa-sisa bara api yang masih mengeluarkan asap panas.


Setidaknya 6 mobil pemadam kebakaran (Damkar) diterjunkan memadamkan kebakaran. 6 mobil damkar tersebut terdiri dari 2 unit mobil Damkar dari BPBD Kabupaten Mojokerto, 2 Unit mobil Damkar dari BPBD Kota Mojokerto, 1 unit mobil Damkar Gajah Mada (Gama) dan 1 unit mobil Damkar dari PT Dragon.


Keterangan sejumlah karyawan RS Gatoel Mojokerto dan petugas security yang piket malam menerangkan kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 03.10 WIB bersamaan sejumlah perawat dan petugas security rumah sakit hendak persiapan menikmati makan sahur.


“Kami terkejut melihat munculnya asap putih tebal membumbung tinggi yang keluar dari ruangan bagian administrasi dan perkantira. Belum sempat makan sahur kemudian kami yang masuk jam malam, berhamburan keluar menyelamatkan diri,”terang Hartono, security RS Gatoel kepada awak media, Kamis (21/3/2024) pagi.


Dijelaskan Waktu itu salah satu petugas IPS namanya Mas Heri itu datang ke Pos untuk mengambil makan sahur. Dan ketika hendak mengambil makan sahur salah satu petugas satpam melihat adanya kepulan asap putih yang muncul di lantai 2.


Mengetahui ada tanda-tanda kebakaran, 3 petugas satpam naik ke lantai atas untuk memastikan kepulan asap tersebut. Dan ternyata benar ada kobaran api di dalam ruangan dan tidak mungkin bisa dipadamkan dengan peralatan terbatas yang sudah tersedia di rumah sakit, kemudian kami membagi tugas untuk memadamkan semampunya dan yang lain melaporkan kejadian tersebut ke Polres Mojokerto Kota, serta minta bantuan damkar dan petugas PLN.


“Saat kami mengecek ke ruangan atas, ternyata benar ada terjadi kebakaran di bagian ruang administrasi. Namun kobaran api sudah besar dan cepat berkembang. Kemudian selang bebera menit, kendaraan damkar berdatangan untuk memadamkan api,” jelas Hartono.


Melihat kejadian tersebut, lanjut Hartono pihaknya langsung mengevakuasi sejumlah pasien di beberapa ruangan bersama perawat jaga dan dibantu keluarga pasien yang menungguinya.


“Untuk sejumlah pasien yang berada di lantai bawah ruang nifas saat itu langsung berhasil dievakuasi dipindahkan sementara diruang yang lebih aman,” tukas Hartono.(*)

0 Komentar