Sub PIN Polio Jatim Jangkau 4,7 Juta Anak


Surabaya
(ragamjatim.id) - Capaian sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Jawa Timur telah mencapai 105,93% dengan jangkauan 4.700.649 anak yang telah diimunisasi.


Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menyampaikan rasa terima kasih kepada para orang tua yang telah mau peduli kesehatan anaknya untuk di imunisasi.


"Terima kasih saya sampaikan kepada orang tua yang peduli mengantarkan anak anaknya ke Posyandu maupun layanan kesehatan sehingga jangkauan layanan Imunisasi Polio bisa tembus di angka 105,93%," ungkapnya setelah mendapat laporan dari Dinas Kesehatan Prov. Jatim, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya Rabu (13/3).


Pj. Gubernur Adhy mengatakan, bahwa imunisasi polio yang menyasar 4 juta anak lebih di Jatim diharapkan dapat memberi peningkatan imunitas tubuh seorang anak sehingga tidak rentan terkena sakit khususnya polio.


"Alhamdulillah berdasarkan data Dinkes Jatim per 5 Maret 2024, anak-anak usia 0-7 tahun yang sudah diimunisasi mencapai 4.700.649 atau 105,93%. Ini melebihi jumlah sasaran yang telah ditetapkan yaitu 4.437.679 anak," jelasnya.


Disampaikannya, capaian Pemprov Jatim ini juga sejalan dengan komitmen penuh dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur yang juga sudah mencapai target minimal lebih besar sama dengan 95%.


Pemerintah terus mengupayakan berbagai macam upaya preventif maupun penanganan terhadap persoalan polio di Jawa Timur.


Setiap waktu, Pemprov Jatim melalui Dinas Kesehatan terus melakukan monitoring pelaksanaan sweeping sub PIN putaran pertama dan kedua sampai dengan 5 Maret 2024.


Selain itu, Dinkes Jatim juga telah melakukan Rapid Convinience Assesment (RCA) dari hasil sub PIN kedua mulai tgl 6 - 9 Maret 2024. (*)

0 Komentar