Sekdakot Serahkan Penghargaan Pada OPD Aktif Wujudkan Satu Data di Kota Mojokerto


MOJOKERTO
(ragamjatim.id) - Sekretaris Daerah Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo mengapresiasi dan menyerahkan piagam penghargaan untuk OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang dinilai berpartisipasi secara aktif dalam mewujudkan Satu Data Kota Mojokerto.


Adapun tiga perangkat daerah tersebut adalah Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP3A), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) serta Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DinkesP2KB).


Menurut Gaguk selaku Penanggung Jawab Forum Satu Data Kota Mojokerto ketiga OPD tersebut dinilai telah memenuhi kebutuhan Data Prioritas Kota Mojokerto Tahun 2023, berkontribusi dalam Satu Data Kota Mojokerto, dan aktifan berpartisipasi dalam Forum Satu Data Kota Mojokerto.


“Kita memberikan penghargaan ini agar setiap OPD semakin termotivasi untuk berkontribusi secara aktif dalam Satu Data Kota Mojokerto serta semakin aktif berpartisipasi dalam Forum Satu Data Kota  Mojokerto,”jelas Gaguk usai menyerahkan piagam penghargaan di Balai Kota Mojokerto pada Kamis (25/4/2024) sore.


Lebih jauh ia menerangkan bahwa melalui Forum Satu Data, Pemerintah Kota Mojokerto terus berupaya untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah.


“Forum Satu Data akan terus berupaya dalam pemenuhan Standar Data, Metadata, Interoperabilitas Data, dan menggunakan Kode Referensi dan Data Induk, sehingga terbentuk data yang mudah diakses dan dibagipakaikan serta bersinergi dan sejalan dengan Provinsi dan pemerintah pusat,” terangnya.


Gaguk menambahkan terkait sistem, Satu Data Kota Mojokerto juga terus melakukan pembaruan, termasuk pembaruan CKAN (Comprehensive Knowledge Archive Network).


“Saat ini juga telah dilakukan pembaharuan firmware ckan dari versi 2.8.12 menjadi versi 2.10.3 serta penambahan beberapa fitur pada portal satikomo, seperti daftar data, pembaharuan verifikasi data, monitoring pengunjung portal, pembaruan proses mengunduh data dan proses integrasi dengan layanan aplikasi lainnya,” imbuhnya.


Sebagai informasi Satu Data Kota Mojokerto juga telah meraih penghargaan “Anindhita Wistara Data” dalam Program Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) 2023 dengan Indeks Pembangunan Statistik (IPS) Th 2023 Predikat Baik Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota dari Badan Pusat Statistik (BPS). (*)

0 Komentar