15 Motif Batik Jawa Timur kenali ciri dan filosofinya


ragamjatim.id
- Nyatanya motif batik jawa timur itu bermacam- macam, lho! Tiap- tiap wilayah memiliki pola yang unik serta khas dengan daerahnya tiap- tiap. Tidak silih tumpang tindih, nampak silih memenuhi, serta mempunyai dimensi cantiknya sendiri- sendiri.

Dengan motif yang bermacam- macam ini, kalian dapat pilih- pilih pola yang menunjukkan bukti diri serta jati dirimu selaku masyarakat Jatim. Apalagi, dapat sekaligus menampilkan identitasmu selaku putera wilayah.

Apa saja opsi motifnya serta berasal dari wilayah mana? Ikuti dalam pembahasan berikut!

Identitas batik Jawa Timur

Di jawa timur, pola batik mempunyai identitas yang khas, di antara lain merupakan motifnya leluasa serta nampak sangat simpel. Umumnya, pola ini dipengaruhi oleh budaya asing yang masuk di Indonesia.

Ini ia 15 motif batik Jawa Timur!

Berikut ini merupakan sebagian wilayah yang mempunyai batik dengan pola yang khas serta terkenal di Jatim:

Tuban


Batik Tuban


Diketahui dengan nama batik gedog, ada banyak pola yang disuguhkan dari wilayah tuban. Di antara lain merupakan guntingan, lok chan, serta macanan.

Sebab salah satu sentra produksinya terletak di wilayah Kerek. Warga dekat kadangkala menyebutnya selaku batik kerek.

Bojonegoro

Bojonegoro sangat dekat dengan Tuban serta ialah wilayah yang maju dengan gas alamnya. Tidak heran apabila di mari, terdapat motif batik bernama gastro rinonce yang maksudnya kurang lebih menggambarkan kilang minyak serta gas bumi.

Tidak hanya pola tersebut, sekar jati, rancak thengul, serta pari sumilak pula menampilkan pola yang unik.

Banyuwangi


Batik Banyuwangi


Belum banyak yang ketahui jika Banyuwangi pula ikut menyumbang dalam kekayaan motif batik Indonesia. Bumi Blambangan ini mempunyai tipe yang unik semacam gajah oling, alas kobong, kangkung setingkes, kopi rusak, dll.

Pola yang terbuat mayoritas menggambarkan kekayaan alam Banyuwangi.

Sidoarjo

Konsep warna yang diusung merupakan dengan pola flora serta fauna khas Sidoarjo. Polanya mengusung tema klasik ataupun kuno.

Surabaya

Sura serta Baya ialah 2 hewan yang khas di bunda kota provinsi Jawa Timur. 2 hewan ini jugalah yang senantiasa jadi salah satu khas pola yang ditafsirkan.

Mojokerto

Bagi sejarah, kerajaan Majapahit terletak di wilayah Mojokerto, spesialnya wilayah Trowulan. Kerajaan terbanyak senusantara ini pastinya mempunyai khas batik tertentu. Sebagian pola yang bisa jadi masih asing untuk sebagian orang merupakan mrico bolong, gringsing, gedeg rubuh, serta surya Majapahit.

Tulungagung

Hingga dikala ini, Tulungagung mempunyai nyaris 100 motif batik. Di antara lain merupakan lerang buket, buket ceprik gringsing, dll.

Malang

Tugu malang jadi salah satu motif andalan di kota bunga ini. Kota yang populer dengan udaranya yang sejuk ini pula menawarkan motif lain semacam topeng malangan yang pula jadi karakteristik khas keseniannya.

Madura


Batik Madura


Karakteristik khas batik dari madura merupakan rupanya yang natural serta cenderung cerah. Tidak hitam sama sekali. Pilihannya sangat modis dengan opsi motif yang sangat menarik semacam belah ketupat, pucuk tombak, serta rajut.

Kediri

Motif bulatan berbintik jadi salah satu andalan dari kota Ketahui ini. Arti filosofis dari motif ini merupakan kelembutan serta keramahan warga Kediri.

Jombang

Warna merah serta hijau ialah warna bawah yang sangat khas dari Jombang. Tumbuh semenjak tahun 2000, di mari kalian dapat memilah motif kaning serta tawang.

Ponorogo

Ponorogo diketahui dengan reognya. Hingga tidak heran apabila di wilayah ini hendak banyak ditemui motif reog ataupun yang sejenis. Semacam merak romantis, sekar jagad, serta merak tarung. Dari bermacam tipe pola ini, dapat disimpulkan kalau pola utama yang diusung batik Ponorogo merupakan burung merak.

Pacitan

Dekat dengan Ponorogo terdapat wilayah bernama Pacitan. Wilayah asal Pak SBY ini pula mempunyai motif batik jatim yang khas. Cirinya merupakan klasik serta sarat arti. Contoh motifnya merupakan Sidomulyo, kembang- kembang, serta semen romo.

Magetan


Batik Magetan


Di antara motif yang diketahui di wilayah ini merupakan Pring Sedapur serta Sidomukti. Buat pola Pring Sedapur, cocok dengan namanya tergambar dengan dominan tumbuhan bambu yang memanjang serta nampak manis.

Sebaliknya buat Sidomukti sendiri lebih kerap digunakan oleh pejabat sebab konsepnya sangat kalem, formal, serta bermakna filosofis.

Lamongan

Karakteristik khas dari motif yang terdapat di Lamongan merupakan rumit serta kecil. Sehingga dalam pembuatannya perlu ketelitian yang sangat besar. Terdapat banyak motif yang dikenalkan, tetapi yang populer merupakan lele serta bandeng.

Tidak hanya 15 wilayah di atas, masih banyak motif batik jawa timur yang dapat dikenali dengan lebih perinci. Perihal ini sebab tiap- tiap wilayah saat ini berlomba buat menampilkan karakteristik khas daerahnya melalui kesenian membatik. 

0 Komentar