5 Manfaat Rebusan Jahe Merah untuk Kesehatan, Salah Satunya Ampuh Atasi Asam Urat dan Mengurangi Nyeri Otot dan Sendi


Jahe merah yang memiliki nama latin Zingiber Officinale Var Rubrum Rhizoma adalah tanaman rimpang yang sering kita jumpai di sekitar kita yang digunakan sebagai tanaman obat tradisional maupun bumbu dapur.

Jahe jenis ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan rasanya yang lebih pedas.

Selain itu, warna merah yang timbul pada kulitnya terdiri dari kandungan antosianin yang sangat baik untuk tubuh. Inilah beberapa kandungan jahe merah yang baik untuk kesehatan.

Berikut pembahasannya:

1. Phenolic
Salah satu kandungan pada jahe merah yang baik untuk kesehatan adalah phenolic. Kandungan tersebut dapat membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar.

Zat tersebut bekerja untuk meredakan gejala iritasi pada sistem pencernaan, mencegah kontraksi pada perut, dan memudahkan proses pencernaan. Selain itu, jahe merah mampu mengeluarkan gas berlebih yang ada di dalam tubuh.

2. Minyak Atsiri
Kandungan lainnya dari jahe merah yang memberi manfaat kesehatan pada tubuh adalah minyak atsiri. Kandungan tersebut baik untuk meredakan batuk pada anak sehingga tidak mengonsumsi obat-obatan kimia yang dapat berdampak buruk bagi tubuh dalam jangka panjang.

3. Zingeron
Kandungan zingeron pada jahe merah juga dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Zat ini mampu mencegah terjadi inflamasi usus dengan cara menghambat enzim yang dapat memicu peradangan pada pencernaan.

Selain itu, jahe merah juga dapat mengatasi kerusakan pada sendi yang disebabkan oleh radang. Dengan mengonsumsi jahe merah secara rutin, kamu dapat membuat gangguan rheumatoid arthritis dan osteoarthritis menjadi lebih baik.

4. Gingerol
Anda juga dapat menghangatkan tubuh dengan mengonsumsi jahe merah. Kandungan rasa pedas yang muncul karena gingerol sangat berguna agar tubuh tidak mudah kedinginan, terutama saat musim hujan. Rasa pedas tersebut juga dapat membantu tubuh untuk pulih dari pilek atau flu dan melindungi sistem pernapasan agar tetap sehat.

Selain memberikan cita rasa yang khas pada makanan dan minuman, jahe merah juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang menakjubkan.

Salah satu cara yang populer untuk mengkonsumsi jahe merah adalah dengan membuat rebusan jahe merah.

Berikut 5 manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi rebusan jahe merah:

1. Mengatasi Asam Urat

Rebusan jahe merah dapat membantu mengatasi asam urat karena memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik. Senyawa aktif dalam jahe merah dapat membantu mengurangi peradangan pada persendian yang disebabkan oleh asam urat, serta meredakan nyeri yang terkait dengan kondisi ini.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jahe merah mengandung senyawa-senyawa seperti gingerol dan zingiberen yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Mengkonsumsi rebusan jahe merah secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, dan memperkuat respons imun tubuh.

3. Mengurangi Nyeri Otot dan Sendi

Rebusan jahe merah memiliki efek mengurangi nyeri pada otot dan sendi. Senyawa aktif dalam jahe merah dapat membantu mengurangi peradangan pada area tersebut sehingga mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terkait.

4. Meningkatkan Pencernaan

Jahe merah telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk masalah pencernaan. Rebusan jahe merah dapat membantu merangsang produksi enzim pencernaan, mengurangi perut kembung, mual, dan muntah. Selain itu, jahe merah juga dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

5. Menyegarkan Pernapasan

Jahe merah memiliki aroma yang segar dan dapat membantu menyegarkan pernapasan. Mengkonsumsi rebusan jahe merah dapat membantu mengatasi bau mulut, mengurangi ketidaknyamanan pada tenggorokan, dan memberikan sensasi segar pada pernapasan.

Berikut adalah cara sederhana untuk membuat rebusan jahe:

- Siapkan 1-2 rimpang jahe merah segar dan kucuci bersih

- Irisan tipis atau parut

- Didihkan 4-5 gelas air

- Setelah air mendidih, tambahkan jahe, direbus selama sekitar 15-20 menit, biarkan rebusan jahe merah sedikit mendingin

- Tambahkan madu secukupnya, aduk rata dan saring rebusan untuk memisahkan serpihan jahe.

-Rebusan jahe merah siap disajikan.

Semoga bermanfaat***

0 Komentar