Asam Urat pantang 6 jenis makanan ini Roti, Tinggi Purin dan Picu Gula Darah


Makanan juga minuman yang tinggi purin menjadi pantangan bagi penderita asam urat.

Purin atau purina adalah zat alami dalam makanan yang bisa berubah menjadi asam urat dalam tubuh dan memicu peradangan.

Untuk mencegah asam urat kambuh, selain mengonsumsi obat, menghindari atau membatasi makanan tinggi purin dan yang bisa memicu gula darah baiknya dilakukan penderita asam urat.

Meski demikian untuk sejumlah sayuran tinggi purin masih aman dikonsumsi dengan beragam faktor.

Di antaranya purin sayuran tidak setinggi daging dan jenisnya pun spesifik sehingga nutrisi lain di dalamnya seperti antioksidan dan fitokimia masih bisa mengimbangi potensi bahaya purinnya.

Lalu makanan dan minuman tinggi purin apa saja yang baiknya dihindari penderita asam urat? Berikut di antaranya:

1. Jeroan

Penderita asam urat wajib menghindari jeroan. Medical News Today menyebut, selain mengandung purin tinggi, ada kekhawatiran akan kemungkinan racun yang juga terkandung di dalamnya, terutama pada hati dan ginjal.

Ini karena secara alami jeroan berfungsi sebagai filter awal yang melindungi hewan dari kemungkinan masuknya racun ke dalam tubuh. 

2. Seafood

Sejumlah makanan laut atau seafood harus dihindari penderita asam urat karena kadar purin yang tinggi.

Verywell Health menyebut makanan laut dimaksud meliputi ikan teri, ikan trout, tuna, sarden, kepiting, dan lobster yang setidaknya mengandung 102-410 miligram purin per 100 gram.

Kandungan purin tertinggi ada pada ikan teri. Selain itu cara memasak seafood juga ternyata memengaruhi kandungan purin.

Untuk mengurangi kadar purin, olahan makanan laut bagi penderita asam urat baiknya dilakukan dengan teknik rebus, poaching atau kukus yang dapat mengurangi purin keseluruhan.

3. Makanan atau minuman tinggi gula

Seperti penderita diabetes, penderita asam urat pun wajib menghindari makanan dan minuman tinggi gula.

Healthline menyebut, fruktosa termasuk jenis gula yang harus dihindari dan biasa ditemui pada buah dan madu. Tapi jenis gula ini juga bisa dibuat dari jagung.

Sirup jagung fruktosa mengandung 55 atau 42 persen fruktosa, sementara sisa bahannya glukosa dan air.

Fruktosa sendiri dipecah dalam tubuh usai dikonsumsi dan di saat yang sama purin dilepaskan sehingga asam urat mulai diproduksi, kemudian membentuk kristal yang menyakitkan pada persendian atau dikenal dengan asam urat.

Fruktosa dalam buah juga membuat jus buah baiknya dibatasi untuk penderita asam urat.

Apalagi fruktosa dapat menghasilkan asam urat hanya dalam hitungan menit setelah dikonsumsi. Minuman ringan bersoda dengan gula juga wajib dihindari penderita asam urat.

4. Kacang polong

Secara umum kacang-kacangan termasuk rendah purin, kecuali kacang polong yang baiknya dihindari penderita asam urat.

Live Strong menyebut  kacang polong mengandung 50-150 miligram purin per 100 gram. Kacang polong bisa dikonsumsi bersama makanan rendah purin untuk mengurangi efek asam urat.

5. Daging merah

Meski purinnya tak setinggi jeroan, daging baiknya tak terlalu sering dikonsumsi penderita asam urat. Di antaranya daging sapi, rusa, dan bison. Jika ingin daging, pilih daging putih seperti ayam yang aman bagi penderita asam urat.

6. Roti

Makanan yang meningkatkan gula darah dengan cerpat seperti roti tawar, kue kering, dan kue basah harus dihindari penderita asam urat.

Karena makin cepat makanan tadi meningkatkan gula darah, makin cepat juga kadar asam urat dalam tubuh meningkat.

Boleh saja penderita asam urat mengonsumsi karbohidrat olahan seperti di atas tapi harus dengan petunjuk dokter dan dibarengi sajian makanan rendah purin lainnya.(*)

0 Komentar