Metode Termudah Budidaya Ternak Bekicot Sampai Jadi Ladang Bisnis Menguntungkan


ragamjatim.id
- Mengerti kah kalian, kalau hewan bekicot ataupun siput darat, yang biasa ditemui di batang tumbuhan pisang ataupun di persawahan ini, nyatanya mempunyai banyak khasiat, paling utama buat kesehatan.


Alasannya, warga Indonesia kerap menyangka remeh bekicot serta disia- siakan.


Sementara itu saat ini banyak orang yang mencari hewan berdahak ini, buat keperluan penyembuhan. Sehingga saat ini budidaya ternak bekicot juga, telah makin menjamur.


Mempunyai nama latin Achatina Fulica, bekicot awal mulanya berasal dari negeri Afrika Timur.


Tidak cuma itu, nyatanya tidak susah pula buat melaksanakan budidaya ternak bekicot, sebab hewan ini tercantum kilat dalam perihal tumbuh biak. Kemudian, gimana bekicot dapat hingga ke Indonesia?


Bekicot muncul di Indonesia pastinya tidak sebentar serta tidak langsung tersebar dari Afrika. Melainkan, mulai dari Afrika, kemudian mengarah ke arah timur ialah India, Kepulauan Mauritius, Malaysia, serta kesimpulannya hingga ke Indonesia.


Sesampainya di Indonesia, warga banyak melaksanakan budidaya ternak bekicot tanpa ketahui hendak khasiatnya. Walaupun menjijikan sebab mempunyai lendir, nyatanya bekicot kaya hendak protein lho.


Bekicot pula dapat digunakan selaku penyembuhan tradisional guna mengobati bermacam penyakit, semacam sakit gigi, gatal- gatal, jantung, sampai radang selaput mata. Tidak cuma dagingnya, cangkangnya pula dapat dijadikan obat buat pengidap tumor.


Metode Gampang Budidaya Ternak Bekicot


Nah, sehabis ketahui sebagian perihal tentang bekicot, berikutnya untuk kalian yang tertarik buat menekuni bisnis ini, berikut metode termudah budidaya bekicot, yang dapat menciptakan pemasukan yang besar. Ayo ikuti langkah- langkah mudahnya di dasar ini:


1. Mempersiapkan Media serta Peralatannya

Pembuatan Kandang


Satu perihal yang butuh dicermati dalam melaksanakan budidaya ternak bekicot merupakan kandang yang mempunyai kelembaban serta keteduhan yang pas, ialah dekat 25 sampai 30 derajat Celcius.


Sebab, dengan kandang yang terbuat dengan ketepatan temperatur yang cocok, hingga bekicot juga dapat bekembang biak dengan optimal.


Tidak hanya itu, dalam budidaya ternak bekicot, kalian pula dapat melaksanakan 2 metode, ialah mengombinasikan seluruh bekicot dari yang kecil sampai yang besar dalam satu kandang, ataupun dapat pula dengan metode memisahkan bekicot kecil serta besar, dalam kandang yang berbeda.


Nah, buat pemeliharaan dengan metode dipisah, pastinya kalian wajib mempunyai kandang yang lebih banyak.


Terdapat banyak tipe kandang buat budidaya ternak bekicot, yang dapat kalian buat, antara lain merupakan;


Kandang kotak kayu


Kayu yang digunakan, umumnya merupakan kayu kaso dengan panjang 1 m x 1 m. Pada bagian bilik, kalian dapat pakai kawat kasa, serta bagian atas dapat terbuat atap, supaya dapat melindungi keteduhan, kelembaban di dalam kandang.


Kandang bak semen


Nyaris sama dengan pembuatan kandang dari kayu, kelainannya kandang bak semen di buat permanen.


Kemudian, di dalam kandang pula dapat ditambahkan media tanah serta cacing, supaya kelembaban senantiasa terpelihara. cacing tanah pula dapat sekalian buat pakan serta penyerap kotoran bekicot di dalam kandang.


Kandang galian tanah


Metode membuat kandang ini lumayan gampang, kalian cuma menggali tanah dengan kedalaman 1 m.


Kalian dapat membuat kandang galian tanah di dasar tumbuhan. Serta buat dinding- dinding tanahnya, dapat kalian tambahkan susunan pasir ataupun semen.


Nah, supaya kandang senantiasa mempunyai keteduhan yang maksimal, kalian dapat membuat penutup dari bedeng.


2. Melaksanakan Proses Pembibitan

Untuk yang belum ketahui metode budidaya ternak bekicot, nyatanya tidak seluruh tipe bekicot dapat dibudidayakan.


Nah, tipe bekicot yang dapat dibudidayakan merupakan tipe Achatina Fulica serta Achatina Variegata.


Sehabis ketahui tipe bekicot mana yang dapat dibudidayakan, berikutnya kalian dapat memilah bibit unggul dari tipe bekicot tersebut.


Kalian dapat mengumpulkan bibit bekicot yang diambil dari wilayah dekat tempat tinggal kalian. Misalnya di perkebunan, persawahan, semak- semak, serta tempat lembab yang lain.


Kalian dapat mengambil bibit bekicot yang dapat dibilang unggul, dengan identitas berat dekat 75 sampai 100 gr per bekicot, serta tidak cacat raga.


3. Proses Reproduksi Bekicot

Nah, proses budidaya ternak bekicot selanjutnya merupakan melaksanakan proses reproduksi terhadap bekicot.


Buat masa kawin bekicot umumnya terjalin pada umur 6– 7 bulan. Nah, umumnya pada masa kawin bekicot hendak mencari area yang nyaman buat bertelur, serta tidak butuh tempat khushs.


Tiap bekicot, dapat menetaskan telur mulai dari 50, sampai apalagi 100 butir telur. Serta dimensi telur bekicot umumnya tidak menggapai 2 milimeter.


4. Proses Bertelur

Pada proses bertelur, bekicot hendak langsung meninggalkan telur- telurnya sampai menetas dengan sendirinya.


Tidak hanya itu, waktu penetasan pula bergantung pada kelembaban, hawa, serta sinar. Sehingga telur dapat menetas dengan natural serta dapat lebih kilat.


Kebalikannya, bila ketentuan tersebut tidak terpenuhi, hingga penetasan hendak berlangsung lumayan lama.


5. Melaksanakan Pemeliharaan serta Perawatan

Sehabis benih- benih bekicot menetas, kalian dapat melaksanakan pemeliharaan dengan 2 metode, di campur dengan bekicot lain( yang telah besar), serta dengan metode di pisah( kecil serta besar).


Tiap- tiap metode pastinya mempunyai keunggulan tertentu. Tetapi, umumnya pelakon bisnis budidaya ternak bekicot, hendak melaksanakan metode dengan dipisah benih serta bekicot besar di tempat yang berbeda.


Makanan


Buat soal pakan benih bekicot, umumnya diberikan berbentuk lumut, pupus daun, serta akumulasi zat kapur.


Sehabis itu, kalian dapat memindahkan kanak- kanak bekicot yang sudah berusia 2- 3 bulan, di kandang yang lebih besar.


Tidak hanya itu, buat memperoleh hasil bekicot yang bermutu, kalian pula butuh melaksanakan sebagian teknis pemeliharaan semacam berikut ini:


Melindungi kestabilan serta kelembaban area.


Membagikan pakan yang bermutu serta tertib. Misalnya, beri pakan yang sehat semacam buah- buahan, sayur- mayur( sawi, mentimun, bayam, daun pepaya).


Melindungi kandang senantiasa nyaman, supaya tidak dimasuki hewan lain. Sebab dapat membolehkan bekicot hendak dimakan ataupun cangkangnya dirusak.


6. Menghindari Hama serta Penyakit

Buat permasalahan hama serta penyakit, hingga pada dikala ini para pembudidaya ternak bekicot kayaknya belum menciptakan permasalahan demikian.


Tetapi, perihal yang biasa mengecam kehidupan bekicot merupakan semut serta bebek.


7. Panen Bekicot

Buat para pembisnis budidaya ternak bekicot, perihal yang butuh kalian ketahui dalam perihal panen merupakan umur bekicot, wajib menggapai umur 5- 8 bulan.


Ciri- cirinya, cangkang bekicot sudah mempunyai dimensi 8- 10 centimeter.


Terdapat banyak metode panen bekicot cocok dengan permintaan konsumen. Terdapat yang lengsung membeli dengan cangkangnya, terdapat pula yang cuma mau membeli dagingnya saja. Sehingga, kalian wajib memisahkan cangkang serta dagingnya.


Bekicot yang dipanen dagingnya saja, umumnya buat keperluan konsumen yang menjadikan bekicot selaku bahan baku pembuatan keripik, sate, sampai dendeng. Apalagi, dikala ini daging olahan bekicot pula dapat kalian temukan, dalam kemasan kalengan.


Tidak cuma dagingnya, cangkang bekicot pula dapat dijual selaku bahan bawah pembuatan obat- obatan serta pula tepung. Tepung bekicot, umumnya kerap digunakan selaku bahan bonus pakan hewan ternak, sebab tepung bekicot memiliki banyak zat kapur.


Seperti itu sebagian panduan gampang buat kalian yang mau membangun bisnis budidaya ternak bekicot.


Tidak hanya gampang, bisnis ini pula dapat dibilang sangat menguntungkan. Dengan memerlukan modal yang tidak sangat besar, kalian telah dapat membangun bisnis ternak bekicot, yang cuma memerlukan lahan kecil.

0 Komentar