Benarkah Masak Nasi Campur VCO Bisa Menurunkan Kadar Kalori Nasi? Ini Penjelasannya!

Menguak masak nasi campur VCO yang katanya mampu menurunkan kadar kalori pada nasi

Mau nurunin berat badan, gimana ya caranya?' Pertanyaan seperti itu kerap dilontarkan oleh netizen di media sosial. Bermula dari pertanyaan itulah banyak cara yang beredar terkait menurunkan berat badan. Salah satunya dengan merekomendasikan masak nasi campur VCO (Virgin Coconut Oil).

Banyak pernyataan yang beredar di media sosial bahwa masak nasi campur VCO bisa menurunkan kalori dalam nasi. Dengan begitu, asupan kalori dalam tubuh akan lebih berkurang dan membantu program diet.

Pertanyaannya sekarang, benarkah bahwa masak nasi campur VCO bisa menurunkan kalori dalam nasi? Berikut penjelasannya!

Menurut ahli kesehatan tentang masak nasi campur VCO

Menurut ahli kesehatan terkait masak nasi campur virgin coconut oil

Banyak cara yang beredar di media sosial tentang menambahkan virgin coconut oil pada saat memasak nasi mampu membuat nasi menjadi lebih rendah kalori. Namun, cara itu justru dibantah oleh dokter Johanes Casay Chandrawinata.

Dokter Johanes adalah dokter gizi di Rumah Sakit Melinda Bandung. Mengutip CNN Indonesia, cara tersebut salah kaprah. Menurutnya, mencampurkan virgin coconut oil saat memasak nasi justru akan menambahkan kalori pada nasi dan berimbas menurunkan kecepatan saluran pencernaan dalam mencerna nasi.

Diketahui dalam satu gram virgin coconut oil terdapat sekitar 9 kalori. Tambahan kalori dari virgin coconut oil mampu menyebabkan obesitas dan menaikkan kolesterol jahat dalam darah. Kok bisa? Sebab, virgin coconut oil memiliki kemampuan mempercepat proses aterosklerosis di pembuluh darah.
Aterosklerosis merupakan penumpukan lemak, kolesterol, dan zat lain di dalam dan dinding arteri. Penumpukan ini dinamakan plak yang dapat menyebabkan arteri menyempit, menghalangi aliran darah hingga berujung pembekuan darah.

Berpacu dengan sumber lain, dokter ahli gizi bernama Rizal juga memiliki pandangan yang selaras dengan dokter Johanes. Dalam postingan Instagramnya, @rizalnutritionist, dokter Rizal mengungkapkan masak nasi campur VCO bukan menurunkan kadar kalori melainkan menurunkan indeks glikemik pada nasi.

Lebih lanjut, sebenarnya virgin coconut oil itu apa sih?

Satu gram virgin coconut oil mengandung 9 kalori

Virgin coconut oil atau yang kerap dikenal VCO merupakan minyak alami ekstraksi dari buah kelapa segar tanpa melalui proses kimia atau pemanasan.

Melansir Wellcurve.in, VCO mengandung asam lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Selain itu, VCO juga rentan menyebabkan penyakit diare hingga alergi.

Meski demikian, VCO tidak sepenuhnya memberikan dampak buruk bagi kesehatan asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Dalam sehari hanya dianjurkan mengonsumsi VCO sebanyak 2 sendok makan.

VCO juga memiliki manfaat bagi kesehatan sebelum mengalami proses hidrogenasi. Ketika sudah terpapar proses hidrogenasi, minyak ini mampu menghasilkan lemak jenuh yang berbahaya.

Mengutip laman Times of India, VCO mampu membantu kesehatan fungsi tiroid dan sistem endokrin, serta meningkatkan laju metabolisme tubuh. (*)



0 Komentar