Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Gelar Yudisium XXV, Luluskan 182 Mahasiswa


JEMBER (Wartatransparansi.com) – Sebanyak 182 mahasiswa Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) mengikuti rangkaian proses Yudisium Strata Satu (S1) ke-25. Mereka berasal dari empat program studi Hukum Kelurga (HK), Hukum Ekonomi Syariah (HES), Hukum Pidana Islam (HPI), dan Hukum Tata Negara (HTN).
Rektor UIN KHAS Jember Hepni Zain mengungkapkan bahwa kampus UIN KHAS Jember saat ini mendesain kebijakan berkaitan dengan beberapa aspek fundamental dalam proses pembelajaran, salah satunya adalah redesain kurikulum.

Dikatakan Rektor, pihaknya berharap bahwa lulusan dari UIN KHAS Jember dapat menjadi insan paripurna dengan kepakaran tertentu.

“Dasa Cita UIN KHAS Jember telah ditetapkan. Dasa cita itu yang menjadi titik pijak perbaikan dari semua aspek, termasuk dalam proses pembelajaran di UIN KHAS Jember yang smart, dan siap mengantarkan lulusan yang unggul dan kompetitif,” ungkap Rektor UIN KHAS Jember, Jum’at (16/2/24).

Rektor UIN KHAS Jember menekankan pada lulusan Fakultas Syariah bahwa keberhasilan seseorang tidak hanya bertumpu pada prestasi semata. Integritas, etika dan sikap, serta prilaku juga menjadi ukuran keberhasilan seseorang.

“Karena itu saya tidak pernah bosan untuk selalu mengingatkan kepada para alumni UIN KHAS Jember untuk terus menjaga integritas, rendah diri, dan terus mengasah kemampuan dimanapun berada,” kata Rektor UIN KHAS Jember Hepni Zain.

Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Wildani Hefni menjelaskan bahwa Fakultas Syariah memiliki body of knowledge yaitu Syariah, Hukum, dan Masyarakat. Karena itu, lulusan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember tidak hanya memiliki pengetahuan berkaitan dengan ilmu syariah, tapi juga berkaitan dengan ilmu hukum, sebagai masyarakat akademik yang tidak terpisahkan dengan realitas masyarakat.

“Iklim akademik Fakultas Syariah UIN KHAS Jember dirancang dengan atmosfer kritis yang memberikan ruang bagi mahasiswa untuk merayakan pemikiran dalam kritik nalar epistemologi keilmuan. Kami berharap lulusan Fakultas Syariah dapat menjadi duta dan teladan di tengah-tengah masyarakat,” ungkap Dekan Fakultas Syariah Wildani Hefni.

Hadir dalam kegiatan Yudisium Fakultas Syariah UIN KHAS Jember ke-25, wakil Dekan I Busriyanti, wakil Dekan II Martoyo, wakil Dekan III Ahmadiono, Kabag TU Hesti Widyo Palupi, Sekretaris Jurusan Hukum Islam, Ketua Gugus Mutu dan Seluruh Koorprodi di lingkungan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. (*)

Reporter : Nur Muzayyin

Sumber : WartaTransparansi.com

0 Komentar