Ini cara menghilangkan rasa pahit pare selain dengan garam sebelum diolah


Sudah jadi rahasia umum kalau pare itu rasanya pahit. Tapi bagi sebagian orang, rasa pahit pare ini justru jadi kenikmatan tersendiri. Nggak heran kalau akhirnya pare tetap diolah jadi berbagai hidangan menggugah selera. Nggak cuma ditumis saja, pare pun dapat dijadikan keripik, digoreng krispi, hingga diisi adonan siomay.Sama seperti sayuran lainnya, pare juga mengandung berbagai gizi dan nutrisi baik bagi tubuh. Dilansir dari web.md.com, pare mengandung vitamin C, A, magnesium, zat besi, dan lain sebagainya. Sejumlah nutrisi tersebut, dianggap bisa mengontrol gula darah, menyehatkan saraf, hingga menurunkan risiko penyakit jantung.Meski bisa diolah jadi berbagai hidangan, masih ada orang yang enggan mengonsumsi pare karena pahit, lho. Padahal ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan rasa pahit pare. Pertama, kamu bisa meremas irisan pare dengan garam sampai keluar airnya. Kalau sudah, sisihkan airnya dan bilas pare sampai bersih. Karena getah pada pare sudah dikeluarkan, rasa pahitnya pun hilang tak tersisa.

Nggak melulu pakai garam, kamu juga bisa merendam irisan pare dengan larutan cuka. Cukup rendam selama beberapa saat, lalu bilas irisan pare dengan air bersih. Cara ini juga dianggap ampuh untuk menghilangkan rasa pahit pada pare.Usut punya usut, ada cara lain, tanpa diremas garam maupun direndam cuka, bisa dipraktikkan untuk menghilangkan rasa pahit pada pare. Cara lain tersebut sempat ditunjukkan oleh pengguna YouTube Pawon Ndayu.Di unggahan videonya, warganet ini hendak mengolah pare jadi menu tumisan. Sebelum dimasak dengan bumbu, ia sengaja mengolah pare terlebih dahulu agar rasa pahitnya hilang tak tersisa. Penasaran bagaimana caranya?

Cara menghilangkan rasa pahit pare tanpa garamdan cuka.Pertama, potong kedua ujung pare dengan pisau. Kalau sudah, belah pare jadi dua bagian sama besar. Kerok dan sisihkan bagian dalam pare yang berwarna putih.


Kalau sudah, langsung iris-iris pare. Karena akan diolah jadi tumisan, pare bisa diiris bentuk tipis-tipis, ya. Setelah itu, cuci irisan pare di bawah air mengalir. Tiriskan dalam wadah.

“Nyucinya harus di air mengalir, nggak perlu diremas-remas cukup dicuci aja,” ungkapnya, dikutip dari YouTube Pawon Ndayu pada Minggu (18/2)


Setelah itu, tuang air mendidih ke dalam wadah berisi irisan pare. Pastikan takaran air mendidih yang digunakan bisa merendam pare secara sempurna, ya. Kalau sudah, rendam pare selama 5 menit.


Sambil menunggu, siapkan bahan dan bumbu-bumbu tumisan. Di sisi lain, tiriskan pare kalau sudah direndam selama 5 menit. Lalu tumis bumbu-bumbu yang telah disiapkan tadi ke dalam wajan. Kalau sudah matang dan harum, baru masukkan irisan pare. Aduk-aduk.


Agar lezat, jangan lupa tambahkan garam, lada bubuk, dan kaldu bubuk. Dalam unggahan videonya juga tampak ia menambahkan potongan tempe ke dalam tumisan. Setelah tercampur sempurna, matikan api kompor lalu tumis pare siap disajikan.“Tumis pare ini siap disajikan untuk keluarga, no pahit pahit dan vitamin masih utuh,” ucap pemilik video.


Tertarik mencoba di rumah?

Sumber : youtube/Pawon ndayu

0 Komentar