PJ. Ali Kuncoro Terbitkan SE Instruksikan ASN Beli Beras Bulog di Pracangan TPID

Pj Wali Kota Mojokerto Ali Kuncoro bersama Tim Satgas Pangan mengecek kondisi beras premium di Gudang Dolog Mojokerto, Selasa (27/2/2024).

Mojokerto – Penjabat Wali Kota Mojokerto, Moh. Ali Kuncoro perintahkan ASN di Lingkungan Pemkot Mojokerto membeli beras premium Bulog melalui Koperasi Tri Madya yang menjadi bagian dari Pracangan TPID. Upaya ini untuk mengendalikan inflasi sekaligus kiat Pemkot Mojokerto menjaga stabilitas pasokan dan harga beras premium bagi masyarakat di Kota Mojokerto.

“Saya sudah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 100.3.4.3/271/417.102.1/2024 tentang Himbauan Pembelian Beras Premium bagi ASN di Lingkungan Pemkot Mojokerto. Cara ini untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga beras bagi masyarakat khususnya beras premium di Kota Mojokerto ,” jelas Ali Kuncoro, saat dikonfirmasi di Rumah Rakyat, Selasa (27/2/2024) pagi.

Masih penjelasan Ali Kuncoro, bahwa harga beras premium saat ini memang naik sampai 16 ribu/kg, bahkan stok sempat kosong di retail yang merupakan franchise besar. Oleh karena itu ASN Kota Mojokerto kita arahkan untuk membeli beras premium dari Bulog.

Dengan adanya imbauan tersebut, lanjut Pj. Walikota Mojokerto, agar beras yang ada di pasar lebih diperuntukkan bagi masyarakat, sehingga tidak terjadi panic buying.

“Mari kami jaga masyarakat supaya tidak panik menjelang bulan ramadhan. Serta Jaga betul tingkat inflasi di Mojokerto agar dibawah rata-rata regional dan nasional serta menjaga daya beli masyarakat, ungkapnya.

Dalam surat edaran yang ditanda tangani tanggal 20 Februari 2024 itu berisi sejumlah langkah kebijakan dalam pengendalian inflasi. Diantaranya dengan melibatkan semua pihak termasuk ASN Kota Mojokerto.

Pada SE tersebut diinstruksikan agar ASN Kota Mojokerto membeli beras premium melalui Koperasi Tri Madya yang menjadi bagian dari Pracangan TPID. Pada pembelian beras premium, melalui SE ini juga dilakukan pembatasan pembelian yakni maksimal 15 kg perbulan bagi setiap ASN. Serta dilarang memperjual belikan kembali beras premium tersebut.

Sedangkan bagi masyarakat di kota Mojokerto jauh hari sudah digelar pasar murah melalui Pracangan TPID yang menyebar di semua kelurahan yang ada di wilayah Pemkot Mojokerto.

Sehingga warga tidak perlu menunggu antrian panjang dan jauh dari rumahnya untuk mendapatkan beras premium bulog.

“Warga luar kota Mojokerto yang berdomisili di kota Mojokerto untuk mencari nafkah di Mojokerto, juga bisa mendapatkan beras premium dolog, di Pracangan TPID yang menyebar di sejumlah pasar di kota Mojokerto,” tambahnya.

Sebelumnya (19/2) Ali Kuncoro bersama Kapolres Mojokerto Kota AKBP Daniel. S. Marunduri juga sudah memastikan ketersedian stok beras yang ada di Bulog. Stok tersebut masih mencukupi untuk 5-6 kedepan bagi 3 wilayah, yaitu Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang. (*)

0 Komentar