Khasiat Buah Manggis untuk Kesehatan

Manggis yang memiliki nama latin Garcinia Mangostana Linn merupakan salah satu tanaman tropis asli Indonesia. Sebagian besar pohon manggis di Indonesia merupakan tanaman liar dengan tinggi lebih dari 10 meter.  Pohon manggis biasanya mulai berbuah setelah berusia 8-10 tahun. Buah manggis yang sudah masak memiliki kulit buah yang berwarna ungu kemerahan sedangkan isinya berwarna putih. Tingkat kematangan buah sangat berpengaruh terhadap mutu dan daya simpan buah. Semakin matang maka akan semakin singkat daya simpannya.



Kandungan Buah Manggis


Sejak dahulu, manggis memang sudah populer dengan keeksotisan bentuk dan keunikan rasa buahnya, namun belum sampai menyentuh manfaatnya. Jika kita lihat kandungan gizinya, manggis tidak kalah bersaing denagn buah populer seperti jeruk dan apel. Berikut ini adalah kandungan gizi buah manggis dalam 1 mangkuk (setara 196 gram):


  • Kalori: 143 kalori 
  • Karbohidrat: 35 gram 
  • Serat: 3,5 gram 
  • Lemak: 1 gram 
  •  Protein: 1 gram 
  • Vitamin C: 9 persen dari jumlah kebutuhan vitamin C harian 
  • Vitamin B9 (asam folat): 15 persen dari jumlah kebutuhan asam folat harian 
  • Vitamin B1 (tiamin): 7 persen dari jumlah kebutuhan vitamin B1 harian 
  • Vitamin B2 (riboflavin): 6 persen dari jumlah kebutuhan vitamin B2 harian 
  • Mangan: 10% dari jumlah kebutuhan mangan harian 
  • Tembaga: 7% dari jumlah kebutuhan tembaga harian 
  • Magnesium: 6% dari jumlah kebutuhan magnesium harian 


Vitamin dan mineral dalam manggis di antaranya penting untuk mempertahankan banyak fungsi tubuh, termasuk produksi DNA, kontraksi otot, penyembuhan luka, imunitas, dan pensinyalan saraf.  Selain itu, satu cangkir (196 gram) buah manggis menyediakan hampir 14% dari jumlah kebutuhan serat harian yang baik untuk tubuh. Buah manggis juga termasuk makanan sehat rendah kalori. 


Manfaat Buah manggis


Setelah mengetahui kandungan dari buah manggis selanjutnya kita akan membahas mengenai khasiat buah manggis. Berikut beberapa khasiat dari buah manggis.


Sebagai sumber antioksidan, anti kanker serta antiinflamasi


Buah manggis mengandung zat yang disebut Xanthone yakni senyawa fitokimia yang mengandung zat merah khas dari buah manggis yang memiliki kashiat sebagai antikanker, anti bakteri dan anti inflamasi. Selain itu xanthone juga berpotensi untuk memperkuat sistem imun dan menyehatkan serta mendukung kesehatan mental dan keseimbangan mikroba tubuh dan meningkatkan kelenturan sendi.


Baik untuk ibu hamil atau yang merencanakan kehamilan


Manggis mengandung asam folat tinggi yang sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil karena folat diperlukan untuk mencegah terjadinya kelainan tabung saraf pada bayi


Baik untuk pencernaan


Buah manggis adalah makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Buah manggis mengandung  serat yang sangat penting untuk kesehatan pencernaan, sementara diet tinggi serat dapat membantu meningkatkan keteraturan usus.


Mengontrol kadar gula darah


Kandungan Xanthone dalam buah manggis ternyata ditemukan tidak hanya untuk anti kanker saja, tetapi juga dapat mengontrol kadar gula darah.Ada penelitian yang mengungkapkan bahwa mengonsumsi 400 mg ekstrak manggis setiap harinya mampu menurunkan resistensi insulin secara signifikan. Dimana yang kita tahu resistensi insulin adalah salah satu penyebab utama terjadinya diabetes.

0 Komentar