Tirakatan Jumat Wage Desa Simbatan Gelar Budaya Wayang kulit Semalam Suntuk


Magetan
- Pemerintah Desa Simbatan , Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan menggelar pentas wayang kulit semalam suntuk situs budaya Pertirtaan Dwi Sri Kamis malam (7/3/2024).Acara ini dalam rangka tirakatan malam Jumat Wage


Pentas wayang kulit dengan lakon Semar Mbangun Nikah yang dimainkan oleh Dalang Ki Madda Abinaya dari Kabupaten Madiun disambut antusia oleh warga desa setempat. Bahkan warga dari daerah lain juga tumplek blek menyaksikan pagelaran wayang kulit ini. Penonton merasa gembira dan terhibur dengan penampilan apik yang dimainkan oleh ki dalang.


Kepala Desa Simbatan Dr M Nur Hidayat Cn.ST.,MMT, menyampaikan dalam rangka melestarikan budaya bangsa Pemdes Desa Simbatan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menggelar wayang kulit dengan dalang cilik di wisata petirtaan Mbeji/Dewi Sri." Sebagai sarana hiburan masyarakat murah meriah bisa diterima semua kalangan masyarakat," Ujar Nur Hidayat Cahyono.


Selain itu wayangan juga sambil menunggu musim panen padi sekalian menyongsong Bulan Romadhon yang tinggal beberapa hari lagi. Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Dinas Dinas terkait juga pihak yang telah membantu kesuksesan acara pagelaran wayang dalang kecil ini," ucap Kades yang bergelar Doktor ini.


Kami atas nama pemdes bila ada hal" yang kurang berkenan mohon maaf semoga acara begini ini bisa berlanjut seterusnya juga mendapat keselamatan dan keberkahan. Tambahnya lagi. (*)


sumber : ragamjatim.id

0 Komentar