Beroperasinya Bandara Udara Dhoho Kediri, Ini Sejumlah Tanggapanq Masyarakat


KEDIRI
(ragamjatim.id) – Aktivitas penerbangan perdana di Bandara Dhoho Kediri cukup menyita antusias dan perhatian dari masyarakat. Hal ini mengingat Pesawat komersil milik Citilink dengan kode penerbangan QG 752 dari Bandara Soekarno Hatta tiba di Bandara Internasional Dhoho Kediri pukul 09.40 WIB, menjadi sebuah kebanggaan dan sejarah tersendiri bagi PT Surya Dhoho Investama (SDHI) selaku anak perusahaan PT Gudang Garam TBK.


Penerbangan perdana menggunakan maskapai Citilink dengan rute Jakarta-Kediri ini membawa 178 penumpang dengan kapasitas total 180 penumpang. Di antara daftar penumpang itu, ada Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodik Purwanto, Ketua Fraksi NasDem Kabupaten Kediri Lutfi Mahmudiono dan Pengurus partai Demokrat Kabupaten Kediri Zaini.


Ketua Fraksi Partai NasDem Kabupaten Kediri Lutfi Mahmudiono yang menjadi salah satu penumpang pesawat merasa cukup puas, dan tidak bisa ungkapkan dengan kata-kata kebahagiaan yang saat ini ia rasakan.


“Sungguh menyenangkan dan sangat membanggakan, ” ujarnya.


Terpisah, Akbar kharisma penumpang pesawat asal Kediri, menyampaikan jika mudik lebaran sebelumnya ia dari Jakarta ke Kediri mengunakan jasa transportasi kereta api.


Namun, dengan telah beroperasinya Bandara Udara Internasional Dhoho Kediri, kini menjadi solusi dan alternatif lain jika harus melakukan mudik maupun pulang kampung sewaktu-waktu.


" Bandaranya bagus, pas juga momen dioperasikanya juga mendekati mudik lebaran 2024," ucapnya.


Telah beroperasi Bandara Internasional Dhoho Kediri ini diharapkan bisa memberi dampak positif bagi banyak pihak. Bahkan, ketika Akbar menginjakkan kaki di kawasan Bandara Udara ia takjub dengan desain dan arsitektur yang memanjakan mata.


" Bandaranya bagus dan sangat takjub melihatnya. Bahkan tadi sempat di sambut langsung oleh Bupati Kediri Mas Dhito saat kami datang," ungkapnya.


Terpisah, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menyambut pendaratan pesawat pertama di Bandara Internasional Dhoho dengan penuh antusias. Bahkan, pendaratan yang terbilang sukses dan berjalan lancar oleh Pesawat Citilink QG 752 merupakan bagian dari berkah Ramadan.


“Pesawat pertama sudah mendarat di Bandara Internasional Dhoho Kediri. Ini berkah di Bulan Ramadan," kata Bupati Kediri yang akrab disapa Mas Dhito.


Mas Dhito mengatakan setelah libur Lebaran 2024, Bandara Udara akan dibuka dua kali dalam seminggu. Yakni hari Selasa dan Rabu. Meski begitu, Ia berharap bandara tersebut bisa buka setiap hari kedepannya.


Mas Dhito juga berharap kehadiran Bandara Dhoho Kediri bisa membuat pertumbuhan ekonomi masyarakat Kediri meningkat. Pihaknya juga berjanji akan berupaya meningkatkan moda transportasi darat dari dan menuju bandara.


" Semoga nantinya juga bisa membawa dampak positif untuk perekonomian masyarakat dan sektor wisata juga bisa lebih berkembang lagi," tutupnya.


Untuk diketahui, Bandar Udara Dhoho dibangun dengan standar internasional, dengan landasan pacu sepanjang 3.300 meter dan lebar 45 meter, mampu menampung pendaratan pesawat jet berbadan lebar.


Kapasitas daya tampung Bandara Udara yang dirancang untuk menampung hingga 1,5 juta penumpang setiap tahunnya pada tahap awal, dan diprediksi akan mampu menampung hingga 10 juta penumpang per tahunnya pada tahap ultimatenya, memastikan kenyamanan dan kemudahan bagi para penumpang pesawat udara. (*)

0 Komentar