Lestarikan Budaya Kesenian Tradisional, Bakal Calon Walikota Kediri ini, Didaulat Menjadi Bapak Pembina Kesenian Jaranan


KEDIRI
(ragamjatim.id) – Dalam upaya melestarikan dan memajukan budaya kesenian tradisional Jaranan di  Kota Kediri. Bakal Calon (Balon) Walikota Ronny Siswanto, mengungkapkan komitmennya yang kuat terhadap kesenian tersebut sebagai warisan budaya dan identitas yang harus dijaga, serta diperkenalkan secara luas.


Bahkan visi inklusif dan berkelanjutan dalam mengembangkan kesenian Jaranan, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) juga dinobatkan sebagai bapak pembina paguyuban Wahyu Krida Budaya (WKB)  Kota Kediri Kediri bagian barat dengan simbolis mengenakan pakaian Khas seni Jaranan.


” Itu tadi disematkan sebagai simbol kalau saya menjadi Bapak pembina paguyuban WKB Kota Kediri,” ucap Ronny, Minggu (5/5/2024)


Kesenian Jaranan, yang merupakan tari tradisional Jawa yang memadukan seni tari, musik, dan cerita dalam satu kesatuan pertunjukan, kini semakin mendapat tempat di hati masyarakat. Khususnya di  Kota Kediri, kesenian ini tidak hanya menjadi bagian dari warisan budaya, tetapi juga telah menjadi daya tarik wisata yang menarik perhatian wisatawan domestik dan mancanegara seiring dengan perkembangan zaman serta keberadaan Bandara Udara di Kediri.


Tak hanya Pemerintah, peran masyarakat aktif dalam mendukung pelestarian kebudayaan khususnya kesenian Jaranan, dapat ditunjukkan melalui partisipasi dalam acara-acara budaya, pembelian produk lokal berbasis budaya, serta dukungan terhadap kegiatan seni dan budaya. Bahkan, masyarakat juga andil berkontribusi dalam menjaga identitas dan kebanggaan warisan budaya Indonesia.


” Saya berharap agar kesenian Jaranan semakin eksis. Pokoknya saya mendukung, dan terus menjaga Kebudayaan  Kota Kediri,” ungkap Ronny.


Dilokasi yang sama, Bendahara WKB  Kota Kediri bagian barat, Umayyah, mengutarakan menaruh harapan besar kepada Ronny Siswanto agar maju, dan meraih kesuksesan dalam Pilkada Kota Kediri 2024. Hal ini didasari, selain sebagai bapak pembina paguyuban WKB Kota Kediri, bagian Kota barat.


Sosok Ronny Siswanto memiliki kepribadian mudah bergaul dengan masyarakat tanpa pandang golongan, status sosial, ekonomi, ras, bahkan agama.


” Beliau (Ronny Siswanto.red) tidak jaim, buktinya tadi sempat duduk diatas rumput, dan berbaur langsung dengan masyarakat,” ujar Umayyah.


Bilamana Ronny Siswanto ditakdirkan menjadi pemimpin di Kota Kediri, kata Umayyah kesenian dan paguyuban jaranan dapat semakin banyak dikenal dan dinikmati semua lapisan masyarakat.


” Andai kata besok mudah-mudahan Pak Ronny menjadi Walikota. Pak Ronny bersedia membina kita paguyuban jaranan kota Kediri sampai kita bisa meraih kesuksesan bersama,” tutupnya. (*)

0 Komentar