Cara Menenangkan Hati Setelah Disakiti

Cara Menenangkan Hati Setelah Disakiti

Dalam kehidupan ini, kita pasti pernah merasakan disakiti oleh orang lain, ada yang mengkhianati kita, merendahkan kita, membicarakan kita dari belakang, dan lain sebagainya. Tentu hal ini membuat kita merasa sedih, dan terpuruk. 

Oleh karena itu, melalui tulisan ini penulis mencoba untuk berbagi tips menenangkan hati setelah disakiti.

1. Menyadari dan mengakui perasaan kita.

Ketika kita disakiti oleh orang lain, perlu bagi kita untuk mengakui perasaan kita. Ini berarti bahwa kita bebas mengekspresikan perasaan kita. Jika kita ingin menangis, maka menangislah, karena menangis adalah hal yang wajar setelah disakiti. 

2. Menyadari bahwa ini merupakan ujian dari Tuhan untuk mendewasakan kita.

Kamu bukan satu-satunya kok orang di dunia ini yang mendapatkan perlakuan disakiti oleh orang lain. Teman-temanmu, dan tetanggamu juga pernah mengalami hal tersebut. Jika kamu tidak percaya maka kamu bisa  menanyakan hal tersebut kepada mereka. Kamu perlu tahu bahwa Tuhan memberikan kita ujian kehidupan, supaya kita menjadi lebih dewasa, bijaksana, dan kuat untuk kedepannya.

3. Memaafkan kesalahan orang lain dengan penuh keihklasan

Memaafkan orang yang telah menyakiti hati tentu sangat berat. Namun jika kamu masih marah dan menyimpan dendam, tentu hal itu berdampak buruk bagi hidupmu. Hidupmu akan terasa berat karena kamu masih terus membawa beban masa lalu. Jika kamu memaafkan kesalahan orang lain dengan ikhlas, maka dirimu menjadi lebih kuat, bijaksana dan berwibawa. Jika suatu saat nanti ada yang menyakiti kamu lagi, maka hal itu tidak akan membuat kamu sedih dan terpuruk lagi. Kamu menjadi lebih santai menghadapi orang yang bersikap buruk kepadamu. Karena kamu sadar ini adalah ujian dari Tuhan untuk mendewasakan diri.


Penulis: Nonaliza

ragamjatim.id

0 Komentar